birthday, happy birthday, cake

Selamat Ulang Tahun Nalaveda

15 Oktober 2020, hari ini tepat satu tahun usaimu. Selamat ulang tahun Nalaveda! Ayah tidak tahu harus berkata apa, tentu segala doa kebaikan ayah panjatku untukku. Ingatan ayah jauh menelusuri lorong kenangan setahun yang lalu. Tangis pertama yang menjadikan seisi dunia kembali bermakna. Ya, tangis pertamamu.

Suara tangis yang mengakhiri segala gundah, khawatir dan rasa yang aku tidak pernah merasakan sebelumnya. Sesuatu yang aku tidak tahu bagaimana menceritakannya. Satu hal yang pasti, tangismu adalah tanda aku telah menjadi seorang ayah. Sesuatu yang aku tidak pernah membayangkan dalam episode kehidupanku sebelumnya.

Bagaimana menyaksikan tumbuh kembang seorang anak perempuan, menyaksikan ibumu mencurahkan seutuhnya rasa kasih sayangnya, adalah skenario yang tidak pernah ayah baca sebelumnya.

Nala, hari ini ketika ayah menuliskan ini, tidak ada satu orang pun yang tahu, tidak pula Ibumu. Kamu dan ibumu sudah tertidur pulas. Tidak ada yang tahu jika ayah diam-diam membeli domain dan membuat website di hari ulang tahunmu. Barang kali ini kado yang bisa ayah berikan untukmu. Mencatat setiap momen terbaik bersamamu.

Nala, perlu kamu tahu, ayah bukan seorang penulis. Namun kamu harus tahu jika ayah adalah seorang yang mau untuk terus belajar, sesederhana belajar menggunakan panggilan sayang bahasa Jawa untuk kamu dan ibumu, walau ayah belum berhasil melakukannya secara fasih dan nyaman untuk pendengaran.

Jika kelak kamu sudah bisa mulai membaca, dan menemukan blog ini, semoga saja kamu bisa maklum, jika banyak kata-kata yang tidak beraturan. Tapi itulah semampu ayah menuliskan tentang kamu. Tentang keluarga kecil kita. Mencatat setiap pembelajaran menjadi seorang ayah. Mencatat ibumu membersamaimu juga membersamai hidup ayah.

Ibumu yang tidak pandai bercerita, adalah sosok perempuan yang memiliki sejuta cerita, yang bahkan ayah tidak akan kehabisan kosakata untuk membagikannya padamu. Perihal ini, telah banyak rencana untuk menuliskannya, namun selalu saja gagal. Semoga dengan blog ini semua bisa terjadi.

Selamat ulang tahun Nalaveda, putri luar biasa ayah. Selamat hari melahirkan kehidupan untuk istriku, Wanti.

Yogyakarta, 15 Oktober 2020

More Stories
3 Tahun Pernikahan